Islam sebagai Pembangun Kehidupan Politik di Kawasan Asia Barat

7 02 2008

Judul : Islam : A Short Story
Penulis : Karen Amstrong
Tahun terbit : 2002
Penerbit : Ikon Teralitera, Surabaya
Tebal : xxxiv + 271 halaman

Perkembangan politik di kawasan Asia Barat tidak bisa terlepas dari perkembangan agama. Tidak bisa dipungkiri bahwa kawasan Asia Barat yang sering disebut sebagai Timur Tengah atau jazirah Arab adalah tempat kelahiran tiga agama yang memiliki fondasi ajaran yang sama, yaitu Yahudi, Kristen dan Islam. Secara kronologis, Islam adalah kekuatan terakhir yang membangun kehidupan politik di kawasan Asia Barat sampai sekarang setelah Yahudi dan Kristen.

Sebuah buku yang berjudul Islam : A Short History adalah hasil tulisan penulis berkebangsaan Inggris – yang telah lama berkecimpung dalam masalah – masalah agama – Karen Amstrong. Buku ini membahas tentang perkembangan agama Islam dari masa kemasa. Dimulai dari abad ke – 7 masehi sampai masa sekarang dengan kajian – kajian masalah yang lebih bersifat kontemporer. Dalam bukunya ini, penulis mencoba mengajak pembaca untuk melihat agama Islam bukan dari sudut pandang teologis, tetapi dari sudut pandang historis.
Islam dikaji sebagai salah satu pembangun politik di kawasan Asia Barat khususnya dan dunia pada umumnya. Dari masa kenabian, Agama Islam sangat berkaitan erat dengan masalah – masalah politik. Ekspansi dan pembantaian suku Quraisy yang dilakukan untuk memperluas jaringan penyebaran agama Islam, konflik kepemimpinan yang terjadi pasca masa kenabian, masa kepemimpinan dinasti – dinasti, sampai Perang Salib adalah fase – fase penting yang terjadi dalam perkembangan agama Islam yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan politik di kawasan Asia Barat dan di seluruh dunia bahkan sampai saat ini.

Intervensi Barat terhadap kawasan Asia Barat juga dikaji secara mendalam dalam buku ini. Dari segi historis, intervensi Barat diasumsikan sebagai sisa – sisa semangat Perang Salib yang masih berkobar sampai sekarang. Dari segi ekonomi dan politik hal ini diasumsikan sebagai usaha Barat untuk memperluas hegemoni politik dan ekonominya di kawasan Asia Barat yang dianggap sebagai kawasan potensial dari segi politik maupun ekonomi.

Infiltrasi Barat ke dunia Arab umumnya dan Islam khususnya telah menjauhkan umat Islam dari akar budayanya. Globalisasi yang berlebihan telah membuka pintu yang sangat lebar bagi Barat untuk melakukan sekularisasi di dunia Arab identik dengan budaya Islam. Usaha ini berhasil memunculkan pemerintahan – pemerintahan sekuler di kawasan Asia Barat. Sebagai Contoh adalah pemerintahan sekuler Iran yang akhirnya berdampak pada terjadinya Revolusi Iran.

Memperbincangkan konflik politik dan agama di kawasan Asia Barat tak akan bisa terlepas dari nama satu negara yaitu Israel. Penulis yang cerdas seperti Karen Amstrong sangat jenius memasukkan konflik Arab – Israel sebagai salah satu kajian dalam buku ini. Walaupun tidak secara mendalam, tetapi berdirinya negara Yahudi Israel diatas “tanah” Palestina dianggap sebagai penghinaan terbesar bangsa Barat terhadap bangsa Muslim di Asia Barat khususnya dan seluruh negara di kawasan Asia Barat pada umumnya. Di sisi lain hal ini dianggap sebagai pencapaian tertinggi dari dunia Barat dalam rangka melanggengkan hegemoninya di kawasan Asia Barat.

Sejarah Islam yang sangat tidak akan pernah cukup jika hanya dibahas dalam sebuah buku. Namun buku Islam : A Short History, yang ditulis secara menarik ini telah cukup detail dan runtut dalam membahas hal itu.


Aksi

Information

Tinggalkan komentar